Jurnal Ilmiah

Panduan SOS

Prog. SOS FAI

Prog. SOS FAI
Sistem Informasi Akademik Mahasiswa FAI Berbasis Online

Popular Posts

Followers

CELEBRITY

Tamu-nya FAI

Oleh : Fia al Kurosawa
Semalam, tanggal 28 Maret benakku dipenuhi oleh beragam tandatanya dan rasa penasaran yang berlebihan. Tiba-tiba aku ditanya oleh pikiranku sendiri..siapakah aku ? Mengapa aku hadir di dunia ini ? untuk apa aku harus berjalan beriringan dengan waktu yang membuntutiku hingga maut menungguku di seberang usiaku nanti ? mengapa aku harus menjadi manusia dengan segala kekurangan dan kelemahan yang menyiksa diri ? Mengapa yang jadi ‘Tuhan’ bukan aku ?

sehingga aku musti disibukkan dengan perilaku harianku seperti makan, minum, bernafas, belajar, bekerja, mengerjakan tugas de el el. Bukankah ‘sungguh menyenangkan’ menjadi Tuhan bisa mengawasi, mengatur dan menguasai seluruh jagat alam raya, bahkan hingga jatuhnya dedaunan yang diterpa anginpun ada dalam genggaman kekuasaan Tuhan. Mengapa aku harus menjadi manusia? Apa untungnya..??? Apa seh manusia ?? jangan-jangan manusia itu hanyalah tulang belulang yang dibalut oleh segumpal daging, kemudian dialiri oleh merah darah yang mengandung dan berpotensi terinfeksi oleh seribu bibit penyakit. Aku menyadari diriku hanyalah rangkaian tulang yang berjalan bolak balik kesana kemari hanya untuk menghabiskan waktu di dunia yang asing ini. Ya Rabb…mengapa aku musti dilahirkan ?? mengapa aku musti menjalani kehidupan yang menyeramkan ini ?? Betapa menakutkan hidup di dunia ini…

Apapun bahan
penyusun diriku, baik itu tulang, air, darah, vitamin, DNA, kromosom, daging, rambut, kelenjar, syaraf de el el semuanya tidak bisa membuatku ‘mengenal siapa diriku’ sesungguhnya. Ya Rabb mengenal diriku saja aku tak mampu melakukannya, apalagi mengenal kerahasiaan-Mu, KeLutfian-Mu, KeSirr-anMu…apalah aku…serangkaian tulang yang suka mendendam dengan tulang-tulang yang laen. Tulang-tulang yang senang menceritakan aib orang lain, suka menghasut, menonton kepedihan dan penderitaan orang lain...apalah aku Rabb ?? Ya Rabb…ketika tulang-tulang ini nanti berbaur dengan tanah, ketika daging-daging ini sekarang dan dulu suka menimbulkan fitnah…di ‘puncak masa’-ku nanti ia hanya santapan lezat bagi cacing dan mahluq tanah lainnya. Kesombonganku, keangkuhanku, kecerdasanku kekayaanku, baju kebesaranku dan semua kebanggaanku lainnya tidak menghalangi para cacing tanah dan ‘pasukan belatung’ untuk dengan ‘ihlas’ menguliti dan menelan mentah-mentah tubuhku ini…sementara ruh-ku, nyawa-ku, spirit-ku..melayang entah kemana..?? kembali ke haribaan-MU kah…Ya Rabb?? Kembali ke jalan yang benar..atau malah tersesat ke arah yang penuh penderitaan dan malapetaka.

Aku yakin Ya Rabb..sekali nyawa ini sudah ‘pulang’…tiada kesempatan lagi bagiku untuk menahan langkah kaki dan membalikkan diri dari mengingkari seluruh perbuatan yang pernah aku lakukan di dunia ini.
Siapakah aku ini Ya Rabb…?? Bila ku menyadari bahwa tubuhku hanyalah serangkaian tulang dan segumpal daging, betapa menakutkan arti hidup ini !

Beruntung’ (..??..) banyak orang tidak menyadari siapa dirinya sehingga mereka tidak dihantui oleh ketakutan seperti yang tengah aku rasakan saat ini. Ketika tulang dan daging ini telah memainkan ‘peran’ sinetronnya di dunia ini, di manakah sejatinya diriku. Bila tulang dan dagingku menjadi pesta barbeuque para belatung, sementara nyawaku adalah ‘Pinjaman’ dari ruh-Mu yang Engkau tiupkan di Embrioku dulu…terus aku ada di mana..?? tulangku hancur…nyawaku kembali ke diri-Mu, ke zatMu, ke substansiMu…sebab ia adalah substansiMu yang Engkau pinjamkan ke aku..lantas ‘aku ada dimana’..?? padahal ke-Aku-anku adalah persatuan antara tulang dan nyawa…dan semuanya itu nanti akan terceraikan…lantas bagaimana aku bisa mengenali diriku kembali... siapakah aku ini ya Rabb… ??

57 komentar

  1. falaky Says:
  2. Subhanallah,..

    Ana salut sama anti

     
  3. Tante yesi Says:
  4. SUBHANALLAH. Begitu sangat dalam makna dari artikel tsb sampe2 membuat tante merinding saat membacanya. Artikel ini telah mengingatkan agar kita sll ingat tentang kematian. Tapi kita jg harus bersyukur bhw kita telah dilahirkan mjd manusia yg derajatnya paling tinggi diantara makhluk yg lainnya. Yang terpenting adlh bgmn cara kita mensyukurinya,apakah mjd orang mukmin atau orang kafir?

     
  5. @Falaky..trims wa syukran atas koment-nya...salam
    @Tante Yessi...syukran juga semangatnya untuk selalu bersyukur kepada-Nya..salam untuk keluarga te'...salam

     
  6. si kumb@ng Says:
  7. "Sesungguhnya kita Milik Allah,dan kepada Allah kita kembali"

     
  8. bening Says:
  9. nice posting, merinding kau bacanya
    but thanks, jadi ingat mati neh.

     
  10. BlogM Says:
  11. Pertanda keimanan akan bertambah friend..., Karena Kata Nabiullah Muhammad SAW, " Ketakutan kita yang dirasakan hati yang berhubungan dengan Rabb, itu adalah ketulusan iman dan kemurnian iman". Pelihara truss friend rasa itu... (Imam Muslim)

     
  12. rhindhank Says:
  13. subhanallah, ukhti... ane merinding bacanya..... huhuhu....

     
  14. fia Says:
  15. QBening: trims atas koment-nya btw.. setiap hari aq ingat mati mbak..
    @Blog M: Amin Ya mujibassailin...mudah2an bukan syaithon yg lg menebarkan syak ( dzhan ) dipikiran aq....
    @rhindhank : makasih ukhti telah mengunjungiq..salam,

     
  16. SENDAL JEPIT Says:
  17. wedew, jadi merinding daku abis baca ni post.
    makasih udah ngingetin kita

     
  18. indo-trans Says:
  19. wahhh jadi inget dosa dahhh...

     
  20. kakve-santi Says:
  21. ouh... jadi belum siap untuk mati..
    masih banyak pr yang mesti diselesaikan....

     
  22. adek ica Says:
  23. kak via ini ica kak. fotonya cantik deh tapi kok gemuk? minta alamat emailnya donk biar bisa chattingan... ica sering cating sama om hendik lho, ok! salam buat pakdhe, budhe sama dedek zahra ya....

     
  24. ica Says:
  25. hiiii

     
  26. jhos gandhos...
    bagus nie buat perenungan diri,dan instropeksi apalagi kalo kita sedang dalam posisi "puncak"

    btw salut nie ma blognya apik tenan....

     
  27. mundir Says:
  28. semau yang berstatus aku adalah kosong belaka...

    makanya setiap sholat kita tidak pernah lepas melafadzkan. hidupku matiku hanya milik allah tuhan semesta alam...semaunya milikNya. dan keAKUan yang kita tampakkan adalah ciri manusia yang mementingkan diri sendiri..naudzubillah

    salam kenal
    mundir ij

     
  29. roes Says:
  30. subhanallah...
    salut dach bwt yang punya blog

     
  31. fia Says:
  32. @sandal_jepit : makasih mas atas koment dan kunjungannya..
    @Indotrans : itu dia mas yg sering jadi pikiran aq
    @kakve_santi: thanks,...btw PR apaan ya mbak
    @Dedek Ica : mbak Fia Kangen banged ma dek Icha...kapan bisa ke Malang lg dik Icha...
    @Loyalis-Demokrasi : Trims mas atas kunjungan 'n Komment-nya
    @Mundir : iya mas masih sulit menemukan Ke'Aku-anku itu...entah kenapa
    @roes : Trims mas atas kunjungan dan koment-nya ...
    So 4 All of U...Jazakumullah..

     
  33. Q_XidiX Says:
  34. posting bagus, sangat menyentuh

     
  35. Li Says:
  36. Keren banget....keep posting teman...^^

     
  37. ded Says:
  38. keren...banyak bintang2 bertaburan

     
  39. tukang Says:
  40. sesungguhnya, semua yg kita lakukan hanya untuk- Nya

     
  41. tiyo avianto Says:
  42. subhanallah......

     
  43. sibaho Says:
  44. mengingatkan hakikat kita sebenarnya. semoga bisa menjaga perilaku :)
    nice post..

     
  45. Wafi Says:
  46. itulah kekuasan-
    Nya...

     
  47. suwung Says:
  48. makanya harus men SOEWOENG kan diri
    mengosongkan segala keinginan
    karena semua kepunyaan NYA

     
  49. ronald Says:
  50. mbah merinding lho fia baca postmu ini...

     
  51. mbah jack Says:
  52. yang atas itu mbah jack fia... punya orang belum di logout.. huh.. sorry ya?

     
  53. kereeeeen.... dalem banget renungannya

     
  54. bening Says:
  55. innalillahi wa'innailaihi....
    ngeri mbak bacanya, jadi merasa sangat kecil neh
    sukses selalu ya

     
  56. celebrities Says:
  57. serem yah.. info yang bagus... tapi takut!!

     
  58. kasimbu Says:
  59. huuu....
    ngeri...

     
  60. Blogwalking from outerspace and bring news from Alien, and UFO

     
  61. kakara Says:
  62. Aku jadi terbawa merenung nh....
    TFS sob

     
  63. waaaagh!!
    GILA SEREM BANGED.
    BETAPA AGUNGNYA ALLAH!!!

     
  64. subhanallah.. maha agung allah dengan segala ciptaanya..

     
  65. Yaa Rabbi... apa sesungguhnya arti hidup di muka bumi ini yang katanya sebagai perantara untuk menuju ke kehidupan yang kekal nanti? apa yang harus aku lakukan di muka bumi ini? benarkan apa yang kita lakukan di alam ini akan ada pembalasan di alam nanti? seperti apakah pembalasan itu? sungguh hambamu ini adalah orang yang berdosa yang tidak bisa mengenalmu, tunjukanlah kekuatanmu untuk hambamu ini lebih jauh mendekatkan diriku kepada-MU Yaa Rabbi...

     
  66. zujoe Says:
  67. hohohoho...bener2 membuat tergugah nih....

     
  68. U-A Says:
  69. Saya sampai merinding ni.....

     
  70. Bunga Says:
  71. indah ciptaan manusia.
    bagai mana indahnya ciptaan sang pencipta yang agung

     
  72. Terima kasih untukmu.... tp q ni anak lelaki neng...

     
  73. dalam bgt postingannya..

     
  74. attayaya Says:
  75. kita hanya sebutir debu

     
  76. hendra Says:
  77. nice posting, i like it

     
  78. keren tuh argumennya... jadi takut .. hehehehe

     
  79. Junardi Says:
  80. Subhanallah .. makanya kita sebagai manusia, jangan sampai luput untuk bersyukur kepada Allah SWT.

     
  81. Tipspack Says:
  82. Wah... kalo aku jadi Tuhan, gemana ya...
    ckckck... pasti kacau deh... hehe...
    Bagus banget nih artikelnya, benar-benar membuka pikiran... great..!!

     
  83. irmasenjaque Says:
  84. Subhanallah mba.....

    sesungguhnya apa yg bisa kita sombongkan ya mba...

     
  85. ade Says:
  86. ah tidak apa2 mbak yang jelas saya akan sering2 kesini menambah rasa perenungan diri, who am I ?

     
  87. UJUNG DUNIA Says:
  88. wuih..keren banget neh...

     
  89. New Blogger Says:
  90. Artikellna keren, saya baca sampe takut sendiri tuch..

     
  91. Yudie Says:
  92. Nice posting mbak Fia....
    Memang kitaa ini tidak berarti apa-apa di hadapanNya...

     
  93. mrindig aku bacanya
    masyaAllah

     
  94. kids bedding Says:
  95. Subhaanalloh, dg kehidupan yg serba cepat, renungan spt ini kadang gak kepikiran, terimakasih atas tulisannya...

     
  96. luar biasa sekali gan terimakasih atas informasinya

     
  97. toko bunga Says:
  98. Hebat banget artikelnya, miris saya membacanya

     
  99. artikelnya menarik untuk di simak langsung aja kunjugannya ke tkp........

     
  100. jelita Says:
  101. subhanallah , kita harus menerima dan bersyukur atas apa yang diberikan oleh tuhan

     

Post a Comment

Terimakasih atas komentar dan kunjungannya, salam manis buat sobat semua

Download MK

MSI
There was an error in this gadget

Translator



English French German Spain Dutch Arabic

Recent Post

DAFTAR ISI BLOG

1.Blog Sejenis
2.Line Website UNISMA
3.Jam’ul Qur’an
4.Hadis Pra Modifikasi
5.Kampus Pusat Budaya
6.Qawaidul Fiqhiyyah
7.Sarjana Pengangguran
8.Penyimpangan dalam Penafsiran al Qur’an
9.Implementasi Ilmu Islam dalam Peguruan Tinggi Islam
10.Pemikiran Ibn Miskawaih Dlm Pendidikan
11.Otentisitas Hadis versi Orientalis
12.Maqashid al Tasyri’
13.Sejarah Peradilan Islam
14.Mengais Kembali Konsep Turats
15.Sufi Martir Ain Qudhat
16.Tema Pokok al Qur’an
17.Metodologi Penelitian
18.Nilai Maslahat dan HAM dalam Maqashid al Tasyri’
19.Pembaharuan Kurikulum Dasar Menengah
20.Pemikiran al Mawardi
21.Tasawwuf al Falsafi
22.Profil Dosen FAI UNISMA
23.Download Bahan Kuliah
24.Ikhtilaf al Hadis Part. I
25.Ikhtilaf al Hadis Part. II
26.Filsafat Ibn Rusyd
27.Inkar as Sunnah I
28.IInkar as Sunnah Part. II
29.Beasiswa Kuliah Gratis
30.Download MAteri Perkuliahan
31.Uji Timbang Blog
32.Award Pertama Buat FAI
33.Hakikat Manusia : Sebuah Renungan
34.Award oh Award
35.Pengumuman Mengikuti Beasiswa
36. Blog-ku Istana-ku
37.Kuliah Umum di FAI Unisma
38. Info LAnjutan Beasiswa
39. Dukungan Untuk Sang Guru
40. Zikir Akbar di Unisma
41.Ujian Seleksi Kuliah Beasiswa
42. Habil dan Qabil di Era Global
43. Suasana Ujian Seleksi Beasiswa
44. Mengapa aku harus memilih?
45.Pengumuman Hasil Ujian
46. award Dari Sobat Blogger
47. Psikotest Mahasiwa Beasiswa
48. Award Maning
49.Award Blogging 4 Earth
50. Pengumuman Hasil Ujian
51.Award Motivasi & Perilaku
52. Sistem Pembekalan Akademik
53. Award Tiad aPernah Berakhir
54. Light Up The Noght
55.Cap Jempol Darah
56.Awardmu-Awardku-AwardKita
57.Anti Mati Gaya Open Minded
58.Award Is Never Die
59.KEM tingkat Nasional
60.Pengumuman Kuliah Umum
61.Virus Malas Ngeblog
62.Pengumuman Hasil Seleksi Ujian
63. Prote Hasil Pilpres
64. Ramadhan Itu Datang Lagi
65.Orientasi Pendidikan MABA UNISMA
66.Download PPT HAM dan Gender
67.Gus Dur:Sang Guru Bangsa
68.Gerakan Fundamentalisme Islam
69.Download E-Book
70.FAI UNISMA
71.Umar Ibn al Khaththab
72.Beasiswa Kuliah Prodi PGMI
73.Ikhtilaf al Hadis Part. II
74.Gelar Doa sivitas FAI UNISMA
75.Pengumuman Pelaksanaan Tes Ujian Prodi PGMI
76.Pengumuman Hasil Tes Ujian Prodi PGMI
77.Beasiswa S2 Prodi Hukum Islam PPS UNISMA
78.Selamat Jalan Akhi
79.Pesta Demokrasi
80.Ordik MABA UNISMA
81.Islam Rahmat Lil Alamin
82.Beasiswa Bagi Guru PAI di Kemendiknas
83.Hasil Akreditasi PGMI
84.Rekonstruksi Kurikulum FAI UNISMA
85.Beasiswa Perkuliahan Prodi PAI
86. Ketentuan Lomba Lustrum
87. Pengumuman Hasil Psikotes
88. Beasiswa Untuk Guru PAI
89. Islam dan Ilmu Pengetahuan
90. Pengumuman Kelulusan Penerima Beasiswa
91. Pengumuman Hasil Seleksi Ujian Tulis
92. Maqamat dan Ahwal al Sufiyah
93. Ikhtilah Ulama