Jurnal Ilmiah

Panduan SOS

Prog. SOS FAI

Prog. SOS FAI
Sistem Informasi Akademik Mahasiswa FAI Berbasis Online

Popular Posts

Followers

CELEBRITY

Tamu-nya FAI


Oleh : Fia al Kurosawa

Sobat fai tercinta…akhirnya aq punya informasi penting tentang bea siswa kuliah gratis yang dilaksanakan di FAI Universitas Islam Malang. Mau tahu nggak…?? Ya deh aq bagi-bagi info neh…Perkuliahan ini memang tidak dipungut biaya serupiahpun baik untuk biaya SPP, DPP, Ujian ( UTS/UAS) KKN termasuk biaya wisuda-pun tidak ada. Bahkan seperti yang sudah berjalan mahasiswa justru mendapatkan uang saku dan pembagian buku gratis sebanyak kurang lebih 48 judul buku/mahasiswa. Bayangkan sobat, 48 buku x 250 mahasiswa berapa tuh buku yang dibagikan FAI UNISMA untuk para guru..?? banyak kan..??

aq aja ga dapet buku itu..mau nangis darah sebenarnya…hu hu..tapi aq rela khan itu semua demi pengembangan kualitas para guru… Hanya saja memang mengikuti kuliah ini mahasiswa di tuntut kesungguhan dan kedisiplinan tinggi dan tidak asal terdaftar sebagai mahasiswa. Mereka harus masuk setiap hari dan bila berhalangan harus mendapatkan izin dari kepala sekolah yang menyatakan ke’udzurannya sehingga dianggap layak untuk tidak mengikuti kegiatan perkuliahan. Nggak kaya kita-kita yang suka bolos kuliah yah hi hi..Mengikuti perkuliahan ini bukannya tanpa resiko lho,…maksudnya apabila kelak di kemudian hari semangat kuliahnya hilang dan bermaksud berhenti kuliah, maka ia harus mengembalikan seluruh fasilitas dan biaya perkuliahan yang telah di keluarkan oleh UNISMA. Nah tuh…Mengapa demikian ?? karena beasiswa ini sumbernya adalah dana pemerintah. Sementara pemerintah mendapatkan dana ini dari rakyat, maka bila calon mahasiswa tidak sungguh-sungguh dalam belajarnya dan menyia-nyiakan amanah dari rakyat itu, ia harus bertanggungjawab atas perbuatannya itu. Oleh karena itu Depag RI sebagai penyedia dana kegiatan perkuliahan ini mengharuskan mahasiswa mengembalikan seluruh biaya pendidikan bila ia bermaksud berhenti di tengah jalan. Inget-inget tuh para calon maba..hi hi hi..
Sobat Fai tercinta…info penting lainnya adalah pendaftaran calon mahasiswa penerima beasiswa tahun akademik 2009 – 2010 akan dimulai pada tanggal 15 April – 2 Mei 2009. Menurut informasi yang layak dipercaya, jumlah mahasiswa yang akan diterima dan mendapatkan beasiswa sebanyak 201 orang ( woouww banyak juga yah…makanya ayoo berebut..!! ). Meskipun jumlah ini tidak sebanyak kuota kemarin ( tahun 2007 – 2008 ) sebanyak 250 mahasiswa, tapi fia yakin jumlah pendaftar masih melebihi angka 1000 seperti yang tejadi pada masa pendaftaran yang lalu. So, para calon mahasiswa musti bersaing ekstra ketat untuk mendapatkan ‘kursi panas’ he he he kayak rebutan kursi caleg ajah…kenapa musti berebut ?? coz dalam penerimaan mahasiswa ini diadakan seleksi ujian masuk yang ketat. Bahkan untuk tahun ini lebih ketat dibandingkan tahun kemarin. Bila tahun kemarin hanya seleksi tulis ( menjawab soa-soal ujian masuk ) maka untuk tahun 2009 – 2010 ini menurut ketua Pelaksana Kegiatan yakni Dr. H. Masykuri Bakri, M.Si terhadap calon yang lulus ujian tulis, akan mengikuti ujian lisan, berupa ujian psiko-test. Masih menurut beliau-nya kegiatan psiko-test ini dilakukan untuk mengukur sejauh mana kesungguhan,motivasi dan kekuatan yang dimiliki calon ma-ba dalam menghadapi berbagai kesulitan dalam belajar di perguruan tinggi. Coz, untuk tahun kemarin ada satu – dua mahasiswa yang nyali-nya ciut begitu mengalami perkuliahan tidak seperti yang dibayangkan sejak semula. Pada awalnya dia berharap dan beranggapan kerana kuliahnya gratis, maka kuliahnya bisa sambil lalu, nyantai, titip presensi dll modus kuliah yang ga bener…bahkan ada yang mengira kuliah ini cukup seminggu sekali masuknya. Jangan salah sangka…ini adalah sebenar-benar-nya kuliah, sobat Fai harus masuk setiap hari bahkan ketika ada kepentingan di sekolah/madrasah sobat harus mendahulukan kuliah. Kenapa..?? karena ketika mahasiswa mendaftar ia telah teken kontrak, bahwa ia harus mendahulukan kuliah daripada kegatan yang lain. Bahkan setiap kepala sekolah/madrasah harus menandatangani rekomendasi izin kebolehan guru-nya untuk mengikuti kegiatan perkuliahan ini. Nah lho….masih berani mengikuti seleksi ujian masuk kuliah gratis ini…?? Aq acungin jempol deh bila masih berani..berarti bapak/ibu/mas/mbak ibu guru adalah orang yang peduli pada institusi pendidikan dan punya ‘kecerdasan motivasi’ yang tinggi untuk berhasil. Seep ..bu guru..ayoo semangat..!!
Lantas apa persyaratan yang dibutuhkan untuk mengikuti perkuliahan ini…?? Lebih baik calon mahasiswa men-download pengumuman ini deh..di mana??? Di Sini dan dari hasil ‘kegigihan’ mengorek ( telinga) eh sorri bin afwan..berita dari panitia, akhirnya untuk mempermudah pendaftaran sekalian aq up-load juga alur pendaftaran, biar sobat fai ga bingung tentang cara dan mekanisme mendaftar program perkuliahan ini. Untuk alur pendaftaran klik Di Sini
Ok deh…met bergabung dengan kita-kita di FAI Unisma…semoga sobat Fai beruntung dan lulus seleksi ..kami sudah menunggu anda…!! Salam... eh ada yang kelupaan Formulir Pendaftaran bisa di unduh Di Sini
( Mohon maaf link download belum berfungsi dengan maksimal...besuk baru mo dibetulin...)

19 komentar

  1. SECONAZ Says:
  2. eh..asik juga tuh..kuliah gratis..ada uang sakunya lagi..btw, harus kampanye kaya' para caleg juga ga? (he..he..)

     
  3. @seconaz hi hi...campaign agar para guru ga kerepotan datang ke kampus iya nggak, maklum mereka jauh ada di pelosok kampung...biaya transport mahal bang...dan senyampang ada media tuk nampang, sekalian aja nampang biar Unisma di kenal banyak orang ya nggak...btw thanks bang..

     
  4. ded Says:
  5. ada award buat kamu, ambil ya.....

     
  6. Narti Says:
  7. Fia, ada award nih, di ambil ya di blog aku.

     
  8. bening Says:
  9. hemmm....
    sayang terbatas untuk malang saja
    aku asli malang cuman skr dah jadi warga negara kota lain he he he..., jadinya gak bisa deh hiks...
    (pingin mede on)

     
  10. Anonymous Says:
  11. Ass...
    Saya mau tanya untuk jadwal kuliah gratis itu, diberikan pd waktu pagi atau sore hari.
    Katanya kelasnya reguler?

     
  12. kuliahnya jelas reguler dunk, dan mhs harus disiplin, sebab bila tdk masuk kuliah harus ada tandatangan kepala madrasah dan stempel madrasah pula...kalo mau meningkatkan kapasitas dan kemampuan, potensi dan kompetensi guru kuliahnya ya harus sungguh2...oleh karena itu kuliah dilaksanakan mulai hari senin - sabtu...jadi tiap hari ada kuliah...begitu kata Ketua program Bea Siswa kuliah gratis ini...hi hi aq cuman copy paste ucapan beliau doank..

     
  13. Anonymous Says:
  14. maksud sy,
    misalnya pada waktu jadwal kuliah pagi bg guru kan jelas gak bs coz berada di madrasah untk ngajar.
    klu sepulang sekolah br bs, inikan beasiswa untuk guru masak harus pagi?
    apalagi seperti sy yang tugasnya ngajar+staf TU.

     
  15. oh gitu...yang jelas jadwal kuliah memang di design habis jam kerja guru di madrasah jadi kira-kira jam 13.00 - 18.00 insya Allah tidak mengganggu jadwal mengajar di madrasah

     
  16. Anonymous Says:
  17. afwan,
    mw tanya 1 kali lg, td kelupaan
    misalnya klu minta masa terminal boleh apa tidak?
    trim's sebelumnya

     
  18. ntar dulu...nunggu konfirmasi dari bapak ketua program lagi keluar kota

     
  19. Anonymous Says:
  20. biasanya materi yang diberikan utk tes tulis itu meliputi apa?

     
  21. bocahbancar Says:
  22. Wah sudah telat..

    Padahal temenku yang ada di SUrabaya ingin kuliah Gratisss...

    Sayang yawh...

     
  23. 5y4ff4' Says:
  24. owwww menarik tuh.. sayang udah telat daftar hiks..
    ada pendaftaran lagi ga yah,,,

     
  25. rizki Says:
  26. di ngktan yang sekarang dah di buk lom. . .
    pengen nich geratisn kuliah nich. . .

     
  27. Nimaya John Says:
  28. Ada pendaftaran lagi kapan yah45bvgftr??? Hehe,,, kalau kampus kayak gni semua,,, Indonesia pasti jaya,,,, Mutu pendidikan pasti bagus,,,

     
  29. Pengen ikut,, hehe,,, tapi jauh ya,,,

     
  30. kuliah gratisss.... wah pingin ikutan

     
  31. terima kasih infonya semoga sukses dengan artikelnya,lam kenal aja gan............

     

Post a Comment

Terimakasih atas komentar dan kunjungannya, salam manis buat sobat semua

There was an error in this gadget

Translator



English French German Spain Dutch Arabic

Recent Post

DAFTAR ISI BLOG

1.Blog Sejenis
2.Line Website UNISMA
3.Jam’ul Qur’an
4.Hadis Pra Modifikasi
5.Kampus Pusat Budaya
6.Qawaidul Fiqhiyyah
7.Sarjana Pengangguran
8.Penyimpangan dalam Penafsiran al Qur’an
9.Implementasi Ilmu Islam dalam Peguruan Tinggi Islam
10.Pemikiran Ibn Miskawaih Dlm Pendidikan
11.Otentisitas Hadis versi Orientalis
12.Maqashid al Tasyri’
13.Sejarah Peradilan Islam
14.Mengais Kembali Konsep Turats
15.Sufi Martir Ain Qudhat
16.Tema Pokok al Qur’an
17.Metodologi Penelitian
18.Nilai Maslahat dan HAM dalam Maqashid al Tasyri’
19.Pembaharuan Kurikulum Dasar Menengah
20.Pemikiran al Mawardi
21.Tasawwuf al Falsafi
22.Profil Dosen FAI UNISMA
23.Download Bahan Kuliah
24.Ikhtilaf al Hadis Part. I
25.Ikhtilaf al Hadis Part. II
26.Filsafat Ibn Rusyd
27.Inkar as Sunnah I
28.IInkar as Sunnah Part. II
29.Beasiswa Kuliah Gratis
30.Download MAteri Perkuliahan
31.Uji Timbang Blog
32.Award Pertama Buat FAI
33.Hakikat Manusia : Sebuah Renungan
34.Award oh Award
35.Pengumuman Mengikuti Beasiswa
36. Blog-ku Istana-ku
37.Kuliah Umum di FAI Unisma
38. Info LAnjutan Beasiswa
39. Dukungan Untuk Sang Guru
40. Zikir Akbar di Unisma
41.Ujian Seleksi Kuliah Beasiswa
42. Habil dan Qabil di Era Global
43. Suasana Ujian Seleksi Beasiswa
44. Mengapa aku harus memilih?
45.Pengumuman Hasil Ujian
46. award Dari Sobat Blogger
47. Psikotest Mahasiwa Beasiswa
48. Award Maning
49.Award Blogging 4 Earth
50. Pengumuman Hasil Ujian
51.Award Motivasi & Perilaku
52. Sistem Pembekalan Akademik
53. Award Tiad aPernah Berakhir
54. Light Up The Noght
55.Cap Jempol Darah
56.Awardmu-Awardku-AwardKita
57.Anti Mati Gaya Open Minded
58.Award Is Never Die
59.KEM tingkat Nasional
60.Pengumuman Kuliah Umum
61.Virus Malas Ngeblog
62.Pengumuman Hasil Seleksi Ujian
63. Prote Hasil Pilpres
64. Ramadhan Itu Datang Lagi
65.Orientasi Pendidikan MABA UNISMA
66.Download PPT HAM dan Gender
67.Gus Dur:Sang Guru Bangsa
68.Gerakan Fundamentalisme Islam
69.Download E-Book
70.FAI UNISMA
71.Umar Ibn al Khaththab
72.Beasiswa Kuliah Prodi PGMI
73.Ikhtilaf al Hadis Part. II
74.Gelar Doa sivitas FAI UNISMA
75.Pengumuman Pelaksanaan Tes Ujian Prodi PGMI
76.Pengumuman Hasil Tes Ujian Prodi PGMI
77.Beasiswa S2 Prodi Hukum Islam PPS UNISMA
78.Selamat Jalan Akhi
79.Pesta Demokrasi
80.Ordik MABA UNISMA
81.Islam Rahmat Lil Alamin
82.Beasiswa Bagi Guru PAI di Kemendiknas
83.Hasil Akreditasi PGMI
84.Rekonstruksi Kurikulum FAI UNISMA
85.Beasiswa Perkuliahan Prodi PAI
86. Ketentuan Lomba Lustrum
87. Pengumuman Hasil Psikotes
88. Beasiswa Untuk Guru PAI
89. Islam dan Ilmu Pengetahuan
90. Pengumuman Kelulusan Penerima Beasiswa
91. Pengumuman Hasil Seleksi Ujian Tulis
92. Maqamat dan Ahwal al Sufiyah
93. Ikhtilah Ulama